Rabu, 18 Februari 2009

HARI GINI HEMAT BBM, PERLU KALI YEH !!!

Walaupun harga BBM saat ini turun, apa salahnya kita belajar mengantisipasi lonjakan harga BBM dikemudian hari, itung - itung menghemat energi. Menghemat BBM maksudnya adalah pemanfaatan dan penggunaan BBM secara tepat dan bijak. Tips berikut ini akan membantu kita untuk menghemat BBM.
1. Mulai Lakukan Servis Rutin
Sangat penting untuk melakukan servis kendaraan secara teratur. Jangan tunggu sampai mobil rusak kerena biayanya akan lebih mahal lagi. Dengan menjaga perawatan kendaraan lewat servis rutin, akan membuat kendaraan jadi lebih efisien. Mesin yang tidak efisien, tidak akan mengoptimalkan pemakaian BBM. Pastikan saringan udara dan saringan bensin selalu selalu bersih. Ganti dengan yang baru bila perlu.
2. Rapikan Bagasi
Singkirkan barang-barang yang tidak perlu, yang hanya menambah beban kendaraan anda. Kelebihan beban mengurangi penghematan BBM per mil. Setiap 100 Kg berat barang yang tidak perlu, akan mengurangi 1 mil per galon dari penghematan BBM per mil.
3. Jangan Ngebut
Ubah cara mengendarai mobil. Rem dengan perlahan, kendarai mobil dengan halus dan dengan hati-hati. Nah, anda dapat menghemat sebesar 20 persen BBM dibandingkan sebelumnya, di mana anda mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi. Biasakan untuk memanaskan mobil terlebih dahulu dan hindari rem yang tiba-tiba bila ingin menghemat BBM. Antisipasi dengan berhenti untuk menghindari rem yang tiba-tiba dan biarkan pandangan jauh ke depan serta berhati-hati di persimpangan jalan.
4. Gunakan Peta
Bila ingin menuju suatu tempat yang belum pernah didatangi, gunakan peta untuk mengetahui lokasi persis dan jalan ringkas jika ada. Hal ini untuk menghindari pemborosan BBM bila anda tersesat sehingga BBM tidak terbuang begitu saja.
5. Matikan Mesin
Jangan habiskan BBM dengan menyalakan mesin mobil pada waktu menunggu seseorang. Parkir mobil dan turun dari mobil, cari tempat yang nyaman untuk menunggu. BBM akan boros dengan mobil yang dibiarkan menyala. Apalagi jika anda menghidupkan alat pendingin.
6. Atur Rute dan Jadwal
Rencanakan rute perjalanan setiap hari agar kendaraan tidak bolak balik antara rumah-sekolah, rumah-kantor, kantor-sekolah dan seterusnya. Sesuaikan jadwal anda dengan jadwal anak sekolah. Bila kantor anda berjarak jauh dari tempat tinggal, anda dapat mengatur dengan teman-teman sekerja yang bertempat tinggal disatu area untuk bergantian menggunakan kendaraan pribadi selama satu minggu dan bersama-sama berkontribusi untuk BBM-nya.
7. Cari Alternatif
Coba cari alternatif transportasi, walaupun hanya untuk satu atau dua hari dalam seminggu. Entah itu ikut mobil teman/jemputan, kereta api, kendaraan umum, dan tinggalkan kendaraan pribadi dirumah.
8. Bijak Memilih
Bila kebetulan akan membeli mobil baru, perhatikan pemakaian BBM-nya. Pertimbangkan berapa besar CC kendaraan, mesin, berapa banyak ruang untuk menempatkan barang yang bisa mengurangi efisiensi BBM. Semakin berat barang bawaan, semakin keras kerja mesin dan berakibat pada meningkatnya pemakaian BBM.

2 komentar: