Selasa, 10 Maret 2009

CARA AMAN BERBELANJA DI SUPERMARKET

jika Anda adalah tipe orang yang doyan belanja, maka berhati-hatilah sebelum berbelanja apalagi disupermarket sebaiknya Anda membuat Daftat belanjaan. Agar Anda dapat menghemat waktu dan berbelanja secara efisien, pisahkan daftar belanjaan sesuai dengan jenisnya. Jangan lupa pula membuat daftar jumlah, ukuran, merek yang diinginkan. Beli sesuai kebutuhan keluarga. Ingat, berapa besar budget anda dan juga berapa besar tempat dirumah yang dapat digunakan untuk menyimpan.


Berikut ini ada 10 hal yang bisa Anda lakukan untuk selamat dari jeratan "rayuan" saat belanja di supermarket.
1. Daftar Belanja
Konsistenlah dengan daftar belanjaan yang Anda buat. Daftar tersebut membuat Anda hanya akan memusatkan perhatian pada barang yang memang perlu dibeli. Tanpa daftar belanjaan Anda akan lebih sering melihat-lihat barang yang tak diperlukan, tetapi akhirnya dibeli juga.
2. Troli
Jangan gunakan kereta belanjaan (troley) kecuali benar-benar butuh. Kereta belanjaan lebih sering digunakan untuk meletakkan barang yang sebenarnya tak diperlukan. Pertimbangkan masak-masak sebelum memasukkan sebuah barang ke dalam troley.
3. Cari Yang Dituju
Sesampainya disupermarket sebaiknya Anda langsung mencari barang yang dituju. Mulailah dari lorong bagian belakang lalu kearah depan. Bila sudah menemukannya, segera menuju kasir, lalu pulang.
4. Ukuran Dan Harga
Hanya dua informasi inilah yang Anda perlukan! Temukan produk terbaik, baik dari segi ukuran maupun harga. Bila Anda sudah mendapatkannya, jangan buang waktu untuk melihat-lihat barang lain yang tak Anda perlukan.
5. Barang Murah
Begitu tiba disupermarket, usahakan untuk selalu mencari produk yang terletak dibagian bawah rak. Biasanya, produk berharga lebih murah berada dirak bagian bawah.
6. Don't Stop !
Jangan berhenti kecuali Anda memang sedang mencari barang yang diperlukan. Barang display memang sengaja dipajang sehingga menarik perhatian pengunjung, dan biasanya Anda akan berhenti lalu mengambilnya. Usahakan Anda bisa melewatinya tanpa berhenti walaupun barang itu sangat menarik. Jangan pedulikan dan teruskan langkah! Anda bisa mempertimbangkan membelinya dilain waktu.
7. Jangan Berkeliling
Jangan mengelilingi seluruh lorong di supermarket hingga dua kali atau lebih, kecuali bila terpaksa. Bila anda masuk supermarket, mulailah dari bagian yang paling dalam lalu teruskan kebagian depan atau arah kasir.
8. Bawalah Kalkulator
Atau, gunakan kalkulator diponsel Anda. Berhitunglah untuk mengetahui apakah produk yang Anda beli memang murah dan bermutu baik atau tidak.
9. Pilih Mutu Baik
Bila Anda tak terlalu yakin barang yang Anda beli bermutu baik, jangan dibeli! belilah barang yang memang Anda yakin produknya bermutu baik dengan harga menarik.
10.Periksa Ulang
Ketika akan membayar dikasir, periksa ulang semua barang yang ada di dalam kereta belanjaan, dan pertimbangkan apakah semuanya memang Anda perlukan atau tidak. Bila tidak jangan ragu, sungkan, atau bersalah untuk membatalkan dan mengembalikannya langsung ke petugas kasir seraya mengatakan, Anda tak jadi membelinya.

Berbelanjalah dengan tenang dan relaks. Hindari berbelanja pada saat jam sibuk atau anda sedang tak punya cukup banyak waktu. Nah, selamat berbelanja.


1 komentar: